Wednesday, May 25, 2011

Langkah Mudah Selamatkan HP yang Terendam Air

Sharing-Aja.blogspot.com: Sharing Aja Apa Susahnya Sih?

Apa bro n sis pernah ngalamin HP masuk ke dalam air? Atau di dalam tas yang campur dengan air minum dan air minum nya bocor? Wah na'as banget sih, tapi jangan kuatir, aku mau Sharing Aja gimana nyelamatin HP bro n sis dari kerusakan.


Berikut langkah-langkah yang harus bro n sis ikutin:
  • Jangan Panik!
    Yah, inilah yang seringkali kita hadapin kalau tragedi ini terjadi. Tapi kita ga boleh panik, kudu stay cool, berdoa supaya HP kita selamat dan lakukan langkah berikutnya.

  • Selamatkan Baterai!
    Ya, komponen yang harus diselamatkan pertama adalah baterai bro n sis, jangan panik dan mengeringkan casing saja, harus cek baterai dan pastikan baterai kering.

  • Selamatkan Asesoris yang Lain
    Selain baterai, asesoris yang lain juga perlu dilepas supaya bisa melanjutkan langkah berikutnya. Aksesoris yang dimaksud misalnya soft case, hard case atau gantungan HP.

  • Keringkan seluruh HP (baterai, aksesoris dan HP) dengan lap, handuk atau tissue.
    Pada langkah ini bro n sis harus hati-hati banget supaya bisa bener-bener kering semua dan tidak ada bulu-bulu atau kotoran yang malah tertinggal di dalam komponen.

  • Gunakan Vacuum Cleaner
    Vacuum Cleaner penyedot debu itu? Ya, vacuum cleaner bisa membantu untuk menyedot sisa air atau kotoran yang tertinggal dari langkah pembersihan dengan kain atau handuk. Ingat, jangan gunakan hair dryer atau kipas angin, karena malah akan mendorong air atau kotoran masuk ke dalam.

  • 'Kubur' dalam Beras
    Waduh, habis 'terkubur' dalam air, harus 'dikubur' lagi dalam beras? Jangan salah bro n sis, meskipun terdengar aneh, tapi beras memiliki kemampuan untuk menyerap kelembaban. Cukup 'kuburkan' satu malam saja dalam wadah yang berisi beras.

  • Langkah Terakhir dan Paling Penting
    Harus sabar bro n sis, jangan panik dan keburu-buru nyalain HP dulu. Minimal harus tunggu 1x24 jam dulu baru dinyalakan HP nya. Karena harus menunggu semua komponen kering dan selamat, jangan malah menyebabkan kerusakan yang lain.

Ok bro n sis? Dapet kan tips nya? So, ke depan kalau ada kejadian gini, bro n sis ga perlu panik dan cemas, cukup lakukan langkah-langkah singkat ini aja.

Good luck!

No comments:

Post a Comment

Sharing Aja Apa Susahnya Sih?