Sunday, May 22, 2011

Apa Gaji di Indo Sudah Sesuai?

Sharing-Aja.blogspot.com: Sharing Aja Apa Susahnya Sih?

Yak, inilah balada fresh graduate yang baru saja lulus kuliah dan mencari-cari pekerjaan. Yup, aku baru aja lulus nih bro n sis. Lebih tepatnya 4 bulanan yang lalu yah. Biasa atuh kalo baru lulusan gitu kan masih ideal-idealnya kan yah.

Bermimpi dapet gaji besar, kerja di kantor gede, jadi manajer, dll dkk. Yep, itulah yang kualami waktu baru lulus dulu. Dan itulah yang kucari waktu cari lowongan kerjaan. Ku cari-cari lowongan yang nawarin gaji gede ma jabatan tinggi *buset kesamber momok fresh graduate*. Aku sempat masukin surat-surat lamaran ke beberapa perusahaan nih. Dan waktu itu dipanggil 1 perusahaan yang cukup gede. Beuh seneng abis nih, ekspektasi gaji tinggi *ayey*.

Wawancara pun tiba. Aku ketemu sama HRD, waktu aq bilang minta gaji 3 juta eh si HRD melongo aja. Shock kayak kesamber petir. Aku lebih shock lagi. Kok gitu? Iming-iming yang kuterima waktu mau kuliah dulu malah dapet 5x UMR, ini aku minta 3 juta aja dah shock si HRD. Wah ada apa nih?

Yap, ternyata cerita punya cerita si HRD bilang kalo gajinya tuh di sana standard nya 1,8 - 2 juta aja. Beuh, hancur sudah tembok pengharapanku yang tinggi-tinggi itu. Akhirnya usut punya usut, di perusahaan lain gajinya juga sekitar itu, akhirnya kuterimalah pekerjaan itu.

Tak lama kok ada temen yang juga lulus tp gajinya ada yang di atas aku dikit malah ada yang 2 kali lebih banyak dari aku. Shock dong, secara aku nih lulusan IT, yang lain cuma manajemen aja. Kalo di luar negeri tuh gajinya kan fantastis banget yah untuk tenaga kerja IT. Tapi di Indo kok cuma segini?

Jadilah aku sedikit heran dan kecewa. Kok jadinya begini? Sigh. Yah sudahlah, emang sudah berlalu kok. Cuma mau Sharing Aja. Aku percaya semua ada waktunya. Memang sekarang baru segini, tapi kan memang baru memulai. Aku percaya ke depannya bisa mapan juga. :D

Nah gimana nih kalo cerita dari bro n sis? Apa juga punya uneg-uneg atau pendapat yang sama nih dengan aku? Gimana soal sistem penggajian di Indo negeri tercinta kita ini? Sharing Aja di sini.

No comments:

Post a Comment

Sharing Aja Apa Susahnya Sih?